10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Polis Asuransi Kecelakaan Diri

10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Polis Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi melindungi kita dari biaya yang timbul dari peristiwa yang tidak menguntungkan. Kecelakaan adalah salah satu peristiwa yang sangat disayangkan. Terkadang, meski berhati-hati, kecelakaan terjadi. Oleh karena itu, penting untuk memiliki asuransi kesehatan terhadap kecelakaan. Dalam artikel ini, kami akan menyoroti aspek-aspek utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih Polis Asuransi Kecelakaan Diri yang sesuai.

1. Cakupan

Cakupan dalam asuransi mengacu pada tingkat risiko atau kewajiban yang ditanggung oleh polis asuransi jika terjadi peristiwa yang tidak menguntungkan. Penting untuk memastikan bahwa Polis Asuransi Kecelakaan Diri Anda mencakup kemungkinan kecelakaan yang mungkin timbul dari aktivitas Anda sehari-hari.

Juga, jika Anda sering bepergian ke luar negeri, pastikan bahwa polis Anda juga mencakup pertanggungan di seluruh dunia selain pertanggungan lain yang Anda butuhkan.

2. Uang Pertanggungan

Uang pertanggungan mengacu pada nilai maksimum yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi selama periode polis. Setiap biaya pengobatan di luar batas ini harus ditanggung oleh tertanggung. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih polis kecelakaan yang menawarkan uang pertanggungan dalam jumlah yang memadai.

Misalnya, pertimbangkan usia Anda untuk memutuskan uang pertanggungan. Semakin tua Anda, ada kemungkinan biaya pengobatan Anda juga akan semakin tinggi. Oleh karena itu, uang pertanggungan yang Anda pilih juga harus memberikan pertanggungan yang memadai pada usia tersebut.

3. Premi

Premi adalah sejumlah uang yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi sebagai ganti pertanggungan asuransi. Cakupan pertanggungan tergantung pada ketentuan yang didefinisikan dalam dokumen polis. Penting untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cakupan maksimum untuk jumlah yang Anda investasikan dalam rencana tersebut. Juga, hindari membeli paket termurah yang tersedia, karena mereka mungkin tidak memberikan cakupan yang memadai pada saat dibutuhkan.

4. Inklusi

Penyertaan mengacu pada skenario yang ditawarkan oleh polis asuransi. Dalam konteks polis Asuransi Kecelakaan Diri, ini mengacu pada skenario kecelakaan yang ditanggung oleh polis Anda. Jadi, ketika memilih polis, pastikan itu mencakup skenario kecelakaan yang paling mungkin terjadi.

5. Pengecualian

Pengecualian mengacu pada skenario yang tidak ditawarkan oleh polis asuransi. Baca dokumen polis dengan cermat untuk mengetahui pengecualian polis. Biasanya, pengecualian tertentu dapat ditutupi dengan membayar premi yang lebih tinggi. Penting untuk memastikan bahwa skenario kecelakaan yang mungkin terjadi berdasarkan kebutuhan Anda, tidak diklasifikasikan sebagai pengecualian.

6. Jenis Kebijakan

Asuransi Kecelakaan Diri ditawarkan sebagai paket Individu dan Keluarga-floater. Jika Anda memiliki keluarga atau tanggungan, Anda dapat memilih paket Family-floater. Hal ini akan memberikan perlindungan kepada Anda dan keluarga terhadap biaya pengobatan yang timbul akibat kecelakaan. Juga, ia menawarkan Anda kemudahan untuk memperbarui polis hanya sekali setiap siklus pembaruan, atas nama semua anggota keluarga Anda.

7. Kompensasi untuk Keluarga

Cari tahu manfaat yang ditawarkan polis kepada keluarga/tanggungan Anda jika terjadi cacat tetap atau meninggal dunia karena kecelakaan. Pastikan polis yang Anda pilih menawarkan kompensasi yang maksimal kepada keluarga/tanggungan Anda dalam skenario seperti itu.

8. Reputasi Penanggung

Mengetahui reputasi perusahaan asuransi sangat penting saat memilih Polis Asuransi Kecelakaan Diri yang ideal. Rasio penyelesaian klaim perusahaan asuransi menunjukkan probabilitas mereka untuk menyelesaikan klaim. Selain itu, untuk mengetahui reputasi penyedia asuransi, lihat peringkat, ulasan, dan testimoni online yang diposting oleh pelanggan mereka yang sudah ada. Ini akan memberi Anda gambaran yang baik tentang kualitas layanan yang mereka berikan.

9. Keluar Usia

Usia kelayakan untuk membeli polis asuransi disebut usia masuk. Usia setelah itu Anda tidak dapat mengambil/memperbarui polis asuransi disebut usia keluar. Saat memilih polis kecelakaan, pilihlah rencana yang memiliki kriteria usia keluar yang tinggi. Ini akan memastikan bahwa Anda memiliki jaminan kecelakaan bahkan sampai usia tua.

10. Jaringan Rumah Sakit

Penanggung memiliki ikatan dengan rumah sakit tertentu untuk menyelesaikan tagihan atas nama tertanggung. Rumah sakit ini disebut rumah sakit jaringan dan mereka menerima perawatan tanpa uang tunai. Pastikan penyedia asuransi Anda memiliki jaringan rumah sakit yang andal dan mudah diakses. Biasanya, Anda dapat menemukan daftar rumah sakit jaringan yang memiliki ikatan dengan perusahaan asuransi, di situs web mereka.