5 Makanan Khas Palembang yang Memanjakan Lidah

5 Makanan Khas Palembang yang Memanjakan Lidah

Palembang, ibukota Provinsi Sumatera Selatan, terkenal dengan kekayaan budayanya yang beragam, termasuk kuliner yang lezat dan unik.

Kota ini merupakan salah satu pusat kuliner terbaik di Indonesia dengan hidangan-hidangan khas yang tak bisa Anda temukan di tempat lain.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai makanan Palembang yang memanjakan lidah dan menggambarkan kekayaan budaya dan kuliner daerah ini.

1. Pempek: Jajanan Ikonik Palembang

Pempek adalah salah satu hidangan yang paling terkenal dan ikonik dari Palembang. Hidangan ini terbuat dari adonan berbahan dasar tepung sagu yang dicampur dengan daging ikan tahu.

Adonan ini kemudian diolah menjadi berbagai bentuk seperti bulat, panjang, atau segitiga, lalu digoreng hingga kecokelatan.

Ada beberapa variasi pempek yang dapat Anda nikmati, seperti pempek kapal selam (yang berisi telur rebus), pempek lenjer (panjang dan tipis), dan pempek keriting (bentuknya mirip mie karet).

Pempek biasanya disajikan dengan cuko, saus yang terbuat dari cuka, gula, cabai, dan bawang putih. Kombinasi pempek yang gurih dengan cuko yang pedas dan asam menciptakan cita rasa yang unik dan tak terlupakan.

2. Mie Celor: Hidangan Mie dengan Saus Kacang yang Khas

Mie celor adalah hidangan mie khas Palembang yang diberi saus kacang yang lezat. Hidangan ini terdiri dari mie kuning yang dicampur dengan tauge, telur rebus, ketupat, dan saus kacang yang kental.

Saus kacang ini terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan gula.

Mie celor memiliki rasa yang khas, dengan sentuhan pedas dan gurih dari saus kacang yang melapisi mie dan bahan-bahan lainnya. Hidangan ini sangat populer di Palembang dan seringkali menjadi pilihan menu untuk sarapan atau makan siang.

3. Tekwan: Sup Ikan Segar dengan Pangsit

Tekwan adalah hidangan sup ikan khas Palembang yang terdiri dari kaldu ikan yang gurih, pangsit udang, jamur, dan daging ikan. Hidangan ini sering disajikan dengan mie atau bihun, serta bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai yang dihaluskan.

Tekwan memiliki rasa yang segar dan lezat, serta beragam tekstur dari pangsit udang yang renyah hingga daging ikan yang lembut. Sup ikan yang gurih menjadi dasar hidangan ini, membuatnya cocok untuk dinikmati kapan saja, terutama saat cuaca dingin atau hujan.

4. Mie Kari: Perpaduan Mie dan Kari yang Enak

Mie kari adalah hidangan mie yang disajikan dengan kuah kari khas Palembang. Kuah kari ini biasanya terbuat dari santan, bumbu-bumbu rempah, daging ayam atau sapi, serta kentang dan wortel.

Mie kari sangat populer di Palembang dan bisa ditemukan di banyak warung makan dan restoran di kota ini. Kelezatan mie kari terletak pada perpaduan rasa gurih dan kari yang kaya, serta tekstur mie yang kenyal.

Hidangan ini seringkali dihidangkan dengan telur rebus dan potongan daun bawang untuk tambahan rasa dan aroma yang segar.

5. Model: Hidangan Gurih dan Pedas

Model adalah hidangan yang sangat khas Palembang dan merupakan favorit bagi pecinta makanan pedas. Hidangan ini terdiri dari daging sapi yang dimasak dalam kuah pedas yang berbahan dasar santan dan bumbu rempah khas Melayu.

Rasa pedas yang kuat dan gurihnya kuah santan menjadikan hidangan ini sesuatu yang wajib dicoba oleh pencinta makanan pedas.

Biasanya, model disajikan dengan lontong, sejenis nasi ketupat yang dibungkus dalam daun pisang. Selain itu, hidangan ini juga seringkali diberi tambahan telur rebus, emping (keripik melinjo), dan acar mentimun untuk memberikan tekstur dan rasa yang lebih beragam.

Kesimpulan

Makanan khas Palembang adalah perpaduan yang sempurna antara rasa gurih, pedas, dan lezat. Hidangan-hidangan seperti pempek, mie celor, tekwan, mie kari, dan model mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner Palembang.

Jika Anda mengunjungi Palembang, jangan lewatkan Nama Makanan Khas Sumatera Selatan untuk mencicipi berbagai hidangan lezat ini yang akan memanjakan lidah Anda dan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Selamat menikmati kelezatan kuliner Palembang!