Dokumen Polis Asuransi Mobil yang Wajib Anda Ketahui

Dokumen Polis Asuransi Mobil yang Wajib Anda Ketahui

Polis asuransi mobil adalah dokumen hukum, jadi mungkin tidak mengejutkan ketika bahasa yang digunakan cukup “asing” untuk orang awam. Tetapi jika Anda memutuskan untuk memahami asuransi mobil Anda dengan lebih baik, yang harus Anda lakukan adalah mempelajari arti di balik jargon tersebut. Juga, jika Anda tahu apa yang ditawarkan polis, Anda mendapat keuntungan karena kemungkinan kekecewaan dan penolakan klaim berkurang secara signifikan. Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memecahkan kode dokumen polis asuransi mobil Anda.

Rincian Polis Asuransi Mobil

Ada dua dokumen penting dalam hal cakupan asuransi mobil Anda – kertas asuransi mobil dan kata-kata polis motor. Dokumen pertama, kertas asuransi mobil, memiliki semua informasi tentang rencana asuransi mobil Anda. Yang kedua mendefinisikan aturan dan peraturan yang akan diikuti oleh perusahaan asuransi ketika datang ke polis asuransi mobil Anda. Di sini kita akan fokus pada dokumen kebijakan.

Detail kebijakan

Bagian rincian polis penting untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pemilik polis, yaitu kertas asuransi mobil dan bahwa Anda memiliki mobil yang diasuransikan.

Ini berisi detail pribadi Anda seperti nama dan alamat Anda. Ini juga akan memiliki periode polis dan detail mobil seperti nomor registrasi, merek/model, tahun registrasi, bulan registrasi, cc mesin, kapasitas tempat duduk, dan nomor mesin.

Yang terpenting, bagian ini akan memiliki nomor polis. Anda harus memasukkan nomor polis asuransi mobil Anda saat mengajukan klaim.

Jenis paket

Sebuah rencana asuransi mobil dapat dari berbagai jenis. Namun, secara umum dibagi menjadi dua jenis – Asuransi Mobil Komprehensif dan Asuransi Mobil Tanggungan Pihak Ketiga. Perusahaan asuransi yang berbeda dapat memberi nama rencana asuransi mobil mereka secara berbeda. Berikut adalah beberapa info dasar tentang jenis rencana asuransi mobil.

1. Asuransi Mobil Tanggungan Pihak Ketiga

Seperti namanya, paket Asuransi Mobil Pihak Ketiga menawarkan perlindungan terhadap kerugian pihak ketiga. Misalnya, Anda tidak sengaja menabrak mobil lain dan menyebabkan penyok besar. Orang lain dapat mengajukan klaim terhadap Kebijakan Tanggung Jawab Pihak Ketiga Anda dan mendapatkan kompensasi untuk memperbaiki penyok.

Selain itu, ia menawarkan perlindungan terhadap kematian, cacat, kerusakan properti, biaya bantuan hukum yang mungkin Anda perlukan (sesuai ketentuan kebijakan), dll. Perhatikan bahwa, meskipun membeli paket ini memenuhi persyaratan hukum, itu tidak mencakup mobil Anda terhadap kerusakan.

2. Asuransi Mobil Komprehensif

Rencana ini lebih lengkap sifatnya. Ini mencakup keduanya, kewajiban pihak ketiga dan mobil Anda terhadap berbagai jenis kerusakan atau kerugian. Misalnya bencana alam, kecelakaan, kebakaran atau ledakan, bencana buatan manusia, pencurian mobil Anda, dll. Jadi, seseorang harus memilih rencana ini daripada Asuransi Kewajiban Pihak Ketiga dasar karena menawarkan perlindungan ganda. Plus, Anda dapat meningkatkan jenis paket ini dengan add-on.

Nilai Tertanggung yang Dideklarasikan

Anda akan menemukan bagian ini hanya jika Anda memiliki dokumen atau polis Asuransi Mobil Komprehensif. Nilai yang Dideklarasikan Tertanggung atau IDV adalah perkiraan nilai mobil Anda saat ini dan Anda memiliki pilihan untuk memilih jumlahnya. IDV juga merupakan salah satu faktor utama yang membantu dalam menghitung premi asuransi mobil dari polis Komprehensif.

Cakupan dan pengecualian

Di sini Anda akan menemukan ruang lingkup polis asuransi mobil Anda. Anda dapat memahami peristiwa mana yang tercakup dan yang tidak melalui penyertaan dan pengecualian.

Pengecualian

Perusahaan asuransi dapat menentukan apakah ada bagian dari mobil Anda yang tidak tercakup dalam polis asuransi. Misalnya, perusahaan asuransi melakukan pemeriksaan pada mobil Anda sebelum mengeluarkan polis. Dalam prosesnya, mereka menemukan beberapa kerusakan ringan pada mobil, sebut saja penyok di pintu depan sisi kanan. Karena bagian ini mengandung kerusakan sebelumnya, perusahaan asuransi dapat mengecualikannya dari polis saat ini. Anda akan menemukan pengecualian seperti itu di bagian ini.

Jasa

Beberapa perusahaan asuransi memilih untuk menyebutkan penawaran atau layanan khusus pada polis asuransi mobil. Anda akan menemukan informasi terkait di bagian ini.