Tips untuk Meningkatkan Pertanggungan Polis Asuransi Kesehatan

Tips untuk Meningkatkan Pertanggungan Polis Asuransi Kesehatan

Perawatan kesehatan yang berkualitas mahal dan merupakan pengeluaran yang hampir tak terelakkan bagi kebanyakan dari kita. Ini berpotensi memakan tabungan kita dan bahkan bisa membuat kita bangkrut. Namun, penyedia asuransi kesehatan melindungi kita dari skenario yang tidak menguntungkan ini. Mereka menukar beban biaya pengobatan kita dengan imbalan premi yang harus dibayar. Pada artikel ini, kami menawarkan panduan untuk meningkatkan cakupan asuransi kesehatan.

Apakah Asuransi Kesehatan Dasar Cukup?

Rencana asuransi kesehatan dasar saja mungkin bukan solusi satu atap yang kita inginkan. Berikut adalah skenario di mana rencana umum bisa gagal.

  • Polis asuransi kesehatan premium yang lebih rendah sering kali disertai dengan pembatasan seperti sub-batas, pengurangan, dan pembayaran bersama. Itu berarti sebagian dari jumlah klaim harus ditanggung oleh tertanggung.
  • Bahkan paket asuransi kesehatan premium yang lebih tinggi datang dengan sub-batas. Sub-batas adalah jumlah tertinggi yang akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi untuk suatu kondisi tertentu. Di luar batas ini, pasien harus membayar dari kantong mereka sendiri.
  • Dengan penyakit menular seperti COVID, ada kemungkinan beberapa kasus rawat inap dalam sebuah keluarga. Ini mungkin berarti rawat inap simultan. Dalam situasi seperti itu, rencana asuransi kesehatan umum mungkin tidak cukup untuk menutupi biaya pengobatan.

“Tetapi bagaimana saya meningkatkan cakupan polis asuransi kesehatan saya untuk menghindari ini?”, Anda mungkin bertanya. Baca terus untuk mengetahuinya!

Tips Memilih Penyedia Asuransi Kesehatan yang Tepat

Sebelum meningkatkan cakupan asuransi, penting untuk terlebih dahulu memilih penyedia asuransi kesehatan yang andal. Berikut adalah hal-hal yang perlu diingat saat memilih penyedia asuransi kesehatan.

  • Periksa silang kredibilitas penyedia asuransi dengan memeriksa peringkat, ulasan, dan testimoni online.
  • Pastikan perusahaan asuransi menawarkan berbagai rencana untuk dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Periksa apakah mereka menyediakan fasilitas rawat inap tanpa uang tunai. Ini menghemat upaya Anda mengumpulkan dan mengirimkan tagihan medis untuk penggantian.
  • Pastikan masa tunggu untuk penyakit yang sudah ada sebelumnya rendah. Ini meminimalkan risiko sampai batas tertentu, jika Anda menderita kondisi yang sudah ada sebelumnya.
  • Periksa apakah usia keluar polis diperpanjang hingga usia yang cukup tua.
  • Pastikan perusahaan asuransi memiliki kehadiran online dan layanan pelanggan yang efisien.

4 Cara Mudah untuk Meningkatkan Cakupan Asuransi Kesehatan Anda

Memahami bagaimana rencana asuransi kesehatan dapat ditingkatkan, akan membantu Anda meningkatkan cakupan asuransi kesehatan Anda. Di bawah ini adalah cara untuk membantu memandu Anda saat membeli rencana asuransi kesehatan.

1. Beli Paket Asuransi Kesehatan Lebih Awal

Asuransi kesehatan mungkin tidak tampak seperti prioritas di usia muda. Pada usia ini, penyakit dan penyakit lainnya biasanya tidak ada di depan mata. Nah, membeli asuransi kesehatan sedini mungkin memiliki beberapa keuntungan yang signifikan.

Di bawah ini adalah alasan untuk membeli asuransi kesehatan sedini mungkin.

  • Penyakit merupakan bagian tak terpisahkan dari hari tua, sehingga premi yang dibebankan oleh perusahaan asuransi juga lebih tinggi pada usia tersebut. Individu yang lebih muda biasanya memiliki risiko masalah kesehatan yang lebih rendah, sehingga premi yang dikenakan jauh lebih rendah.
  • Mengandalkan asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh majikan Anda (Group Medical Coverage) bisa menjadi bumerang. Hal ini berlaku terutama dalam hal kehilangan pekerjaan, pensiun atau saat berpindah pekerjaan. Jadi, lebih masuk akal untuk memiliki asuransi kesehatan independen dari yang ditawarkan oleh perusahaan Anda.
  • Usia keluar asuransi kesehatan biasanya 65 tahun. Membeli asuransi kesehatan di usia muda juga memungkinkan Anda menikmati pertanggungan bahkan setelah usia tersebut.
  • Membayar untuk asuransi kesehatan dapat dikurangkan dari pajak berdasarkan Bagian 80 D dari Undang-Undang Pajak Penghasilan, 1961.
  • Membeli asuransi kesehatan di usia muda mengurangi beban biaya pengobatan. Ini pada gilirannya memungkinkan Anda untuk memfokuskan keuangan Anda pada investasi lain.

2. Pilih Rencana Kesehatan Yang Komprehensif

Rencana asuransi kesehatan yang komprehensif mengacu pada rencana yang menyediakan cakupan untuk beragam biaya pengobatan.

Di bawah ini adalah cara terbaik rencana asuransi kesehatan yang komprehensif dapat meningkatkan cakupan Anda.

  • Rencana kesehatan komprehensif Anda harus mencakup biaya sebelum dan sesudah rawat inap. Ini selain biaya rawat inap umum yang juga ditanggung oleh rencana dasar.
  • Ini harus mencakup donasi organ, rawat inap domisili (dirawat di rumah) dan perawatan alternatif.
  • Idealnya, rencana asuransi kesehatan Anda juga harus mencakup pertanggungan untuk biaya bersalin. Ini biasanya diberikan setelah selesainya masa tunggu yang ditentukan.
  • Jika Anda memiliki lebih banyak tanggungan, maka pilihlah Polis Asuransi Kesehatan Keluarga. Rencana tersebut mencakup seluruh keluarga Anda termasuk pasangan Anda dan dua anak. Beberapa juga termasuk orang tua dan mertua Anda juga.
  • Rencana ideal Anda dapat mencakup kunjungan dokter rutin yaitu biaya konsultasi Departemen Pasien Luar (OPD).
  • Biaya ambulans dan perawatan penitipan anak kurang dari 24 jam juga harus ditanggung dalam rencana ini.
  • Pengaya seperti pertanggungan bersalin, pertanggungan kecelakaan diri, pertanggungan penyakit kritis, dll, tersedia. Pertimbangkan untuk memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Paket Anda harus memberikan pertanggungan bahkan untuk kondisi medis yang sudah ada sebelumnya. Biasanya penyakit tersebut akan ditanggung setelah masa tunggu 2-4 tahun.

3. Paket Top-Up Super

Paket super top-up memberikan pertanggungan di luar dan di luar paket asuransi Anda yang ada. Mereka bertindak sebagai bantalan ketika biaya pengobatan Anda melewati batas uang pertanggungan.

Di bawah ini adalah cara utama rencana top-up super dapat meningkatkan cakupan asuransi kesehatan Anda.

  • Paket top-up dan paket super top-up berbeda. Paket super top-up dapat menerima beberapa klaim, sedangkan paket top-up hanya menawarkan satu klaim (Harap diperhatikan bahwa ini adalah penjelasan dasar, silakan merujuk ke kata-kata kebijakan paket untuk detailnya.).
  • Anda dapat meningkatkan paket asuransi kesehatan Anda dengan menggunakan paket super top-up.
  • Paket super top-up menawarkan paket eksklusif untuk warga lanjut usia. Ini dapat menurunkan tarif premi yang lebih tinggi yang dibebankan karena usia tua.
  • Juga, di bawah Bagian 80 D Undang-Undang Pajak Penghasilan, premi yang dibayarkan untuk paket super top-up dapat dikurangkan dari pajak.

4. Port Asuransi Kesehatan Anda ke Penyedia Asuransi yang Berbeda

Portabilitas adalah beralih dari satu penyedia asuransi ke yang lain. Namun, sebelum mengubah rencana, seseorang harus meninjau manfaat yang ditawarkan oleh penyedia asuransi baru.

Di bawah ini adalah cara-cara di mana porting dapat meningkatkan cakupan asuransi kesehatan Anda.

  • Saat mengajukan permohonan portabilitas, seseorang dapat meminta kenaikan uang pertanggungan. Penyedia asuransi baru berhak untuk menerima atau menolak permintaan ini.
  • Perusahaan asuransi memutuskan persentase kenaikan. Usia pelanggan, status kesehatan dan catatan klaim adalah kriteria yang dipertimbangkan untuk keputusan ini.
  • Untuk mendapatkan portabilitas, seseorang harus mendekati perusahaan asuransi baru 45 hari sebelum berakhirnya polis yang ada. Penyedia asuransi baru akan membalas dengan keputusan dalam waktu 15 hari.
  • Perusahaan asuransi baru mungkin mencakup beberapa aspek lagi seperti masa tunggu yang lebih sedikit, biaya bahan habis pakai yang lebih sedikit, dll. dan menawarkan layanan yang lebih baik seperti klaim berbasis aplikasi dan lebih banyak rumah sakit jaringan.

Kesimpulan

Biaya pengobatan dapat dengan mudah berubah menjadi beban keuangan jika Anda tidak diasuransikan. Asuransi dasar hanya menawarkan perlindungan terbatas pada biaya medis Anda. Meningkatkan cakupan asuransi kesehatan Anda akan memberi Anda perlindungan yang lebih holistik. Ingatlah tanggungan Anda saat memilih rencana asuransi kesehatan. Juga, tingkatkan paket Anda jika menurut Anda itu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan medis Anda. Terakhir, pilih penyedia asuransi kesehatan yang dapat Anda andalkan.