4 Cara Memperkuat Hubungan Bisnis Anda

4 Cara Membangun Hubungan yang Baik untuk Bisnis Anda

Salah satunya penggerak paling penting keberhasilan dalam usaha apa saja ialah membuat jalinan usaha yang kuat dan sehat. Jalinan usaha tidak terbatas pada usaha dan konsumen setianya, tapi juga meliputi rasio yang semakin besar serta lebih individu. Pemilik usaha, Anda harus juga menyengaja perkuat jalinan usaha Anda dengan pegawai, supplier, client, investor, partner usaha, dan prospect. Walau betul jika pemilik usaha perlu mempunyai pengetahuan yang bagus mengenai operasi usaha, jalinan yang Anda bangun di background usaha Anda akan menolong perkuat kedatangan usaha Anda di pasar.

Baca terus saat lagi kami membagi cara-cara inovatif dan banyak akal untuk perkuat jalinan usaha Anda.

1. Undang Klien Anda ke Game Squash

Anda mungkin bertanya-tanya tentang pilihan game ini dan bertanya mengapa bukan golf atau tenis. Meskipun benar bahwa golf dan tenis adalah olahraga yang mengagumkan, sehat, dan santai, Anda harus mempertimbangkan bagaimana pemula dan non-profesional dapat bermain. Squash memiliki aturan dan cara bermain yang relatif sederhana dan merupakan olahraga kompetitif yang sehat.

Majalah Forbes telah memilihnya sebagai olahraga paling sehat, dan itu adalah sesuatu yang dapat membuat klien Anda terkesan. Permainan ini tidak membutuhkan banyak peralatan, dan pemain dapat memiliki raket squash berkualitas di bawah 100 dolar dan sebuah bola untuk memainkan permainan tersebut. Squash adalah permainan dalam ruangan dan dimainkan hingga 11 poin dalam 3 atau 5 pertandingan terbaik. Artinya, game dapat diselesaikan dengan cepat, memberikan lebih banyak waktu untuk obrolan persahabatan dan diskusi terkait bisnis.

Karena ini adalah olahraga dalam ruangan di mana para pemain bersaing secara berdampingan, squash adalah olahraga sosial yang hebat di mana Anda dapat dengan mudah membangun hubungan dengan pengusaha, pengacara, dan pemodal ventura lain dan memperluas jaringan Anda dalam prosesnya. Ini adalah salah satu dari sedikit olahraga tempat Anda dapat bersaing dan berbicara dengan pesaing Anda pada saat yang sama, yang dapat membuka dimensi baru dalam hubungan bisnis Anda.

2. Perluas Jaringan Anda Melalui Media Sosial

Media sosial dibuat sebagai saluran di mana orang dapat memperluas jaringan pertemanan mereka dalam komunitas virtual. Ada berbagai peluang dan potensi bisnis yang bisa ditawarkan media sosial selain memperluas jangkauan pasar bisnis Anda. Anda juga dapat memperluas koneksi dan jaringan bisnis Anda dengan menggunakan berbagai platform media sosial seperti LinkedIn, Facebook, Twitter, dan Instagram. Buat koneksi Anda dengan klien, pelanggan, dan sesama pengusaha seterbuka mungkin, dan jangan menjadikannya bisnis yang murni.

Gunakan platform seperti yang biasa Anda lakukan saat terhubung dengan teman: sapa mereka, berkomunikasi dengan mereka atau posting sesuatu yang menyenangkan atau relevan di akun Anda. Melakukan hal-hal ini dapat mengubah perspektif mereka tentang Anda sebagai bisnis dan bisnis Anda secara positif.

3. Ikatan Dengan Karyawan Anda

Seberapa jauh bisnis Anda dapat berkembang sangat tergantung pada seberapa termotivasi dan puas karyawan Anda. Meskipun sudah sewajarnya Anda harus memberi karyawan Anda semua yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka, kehadiran dan hubungan Anda dengan karyawan Anda juga penting. Tidaklah bijaksana lagi menjadi pemilik bisnis yang beroperasi di latar belakang atau beberapa kantor eksklusif. Karyawan juga membutuhkan rasa memiliki, nilai, dan kepemilikan dalam bisnis, dan pemilik bisnis memiliki peran kunci dalam menyediakan kebutuhan ini kepada mereka. Lakukan kunjungan rutin ke berbagai departemen dan sapa setiap karyawan yang Anda temui di dalam atau di luar lingkungan perusahaan.

Mengadakan program pengakuan dan penghargaan karyawan untuk karyawan berkinerja terbaik dan karyawan teladan untuk meningkatkan moral mereka. Hadir dalam aktivitas pembangunan tim di perusahaan Anda untuk membina persahabatan dan ikatan yang lebih kuat antara karyawan dan departemen, serta menjalin hubungan yang lebih kuat dengan karyawan Anda. Berada di sana untuk karyawan Anda dan mendengarkan kekhawatiran, saran, dan pendapat mereka dapat sangat bermanfaat dan akan menguntungkan bisnis Anda dalam berbagai cara.

4. Buat Pelanggan Anda Merasa Dihormati

Bisnis membutuhkan keuntungan untuk bertahan hidup, tumbuh, dan berkembang, dan pelanggan adalah sumber utama penjualan dan pendapatan untuk bisnis Anda. Tidaklah cukup jika Anda menarik banyak pelanggan dan meminta mereka membeli produk atau layanan Anda. Anda juga perlu membuat mereka merasa dihargai lebih dari sekadar sumber pendapatan, tetapi sebagai mitra kehormatan dalam pertumbuhan bisnis Anda.

Gunakan saluran komunikasi dan media sosial untuk mendorong mereka memberikan umpan balik, komentar, dan saran tentang produk atau layanan Anda dan beri tahu mereka bagaimana masukan mereka dapat membantu bisnis Anda menyediakan produk dan layanan yang lebih baik dan lebih personal.

Membuat pelanggan Anda merasa bahwa mereka penting dalam bisnis Anda membantu memperkuat hubungan bisnis-pelanggan Anda dan membangun basis pelanggan yang kokoh untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Hubungan yang baik membuat dunia menjadi tempat tinggal yang lebih baik. Hal yang sama berlaku untuk bisnis Anda. Upaya untuk memperkuat hubungan bisnis Anda dengan para pemain kunci bisnis Anda membutuhkan banyak upaya. Namun, hasil dari membangun dan memelihara hubungan ini akan sangat berharga. Mulailah brainstorming dan rencanakan cara untuk memperkuat hubungan bisnis Anda sekarang, dan masa depan Anda akan berterima kasih.